Header Ads

Faktor - Faktor Penyebab Gula Darah Menjadi Tinggi Yang Jarang Kita Ketahui

loading...

Tips Kesehatan - Menderita penyakit diabetes memanglah sangat menyiksa, karena penderita diabetes biasanya harus memiliki porsi makan yang diatur dan tidak boleh berlebihan dan juga selalu diingatkan dokter biasanya akan meminta mereka untuk mengontrol kadar gula darah

Masalahnya, kebanyakan dari mereka kurang memahami faktor apa saja yang bisa mempengaruhi gula darah.

Berikut beberapa hal yang dapat mempengaruhi kadar gula seseorang.

Makanan
Sangat jelas bahwa makanan merupakan salah satu faktor yang harus Anda waspadai. Usahakan untuk menjauhi karbohidrat karena ini sangat mempengaruhi kadar gula darah Anda.

Jadi pastikan Anda memperhatikan asupan karbohidrat dalam setiap makanan makanan.

Jika perlu, konsumsi karbohidrat yang lebih kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Selain itu, perhatikan juga makanan berlemak karena cenderung meningkatkan resistensi insulin.

Olahraga
Olahraga juga cukup berpengaruh terhadap kadar gula darah Anda. Untuk itu, pastikan Anda memeriksa kadar gula darah anda sebelum dan selama berolahraga. Usahakan untuk melakukan olahraga ringan karena dapat menurunkan gula darah. Sebaliknya, hindari latihan berat karena bisa menyebabkan lonjakan gula darah Anda.

Obat-obatan
Jika Anda mengkonsumsi obat-obatan, amati apakah obat yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda atau tidak. Beberapa jenis obat dapat memiliki efek yang berbeda pada kadar gula darah dan juga memiliki efek samping sehingga dapat mempengaruhi kadar gula darah.

Cedera, penyakit dan stres
Ketika Anda mengalami stres dan tubuh Anda tidak sehat atau terluka, tubuh akan melepaskan hormon seperti epinefrin, glukagon, hormon pertumbuhan dan kartisol. Pelepasan hormon ini akan menyebabkan jantung melepaskan glukosa dan meningkatkan resistensi insulin.

Kurang tidur
Kurang tidur akan sangat mempengaruhi kadar gula darah Anda sehingga menyebabkan Anda membutuhkan lebih banyak insulin dari biasanya. Bahkan, beberapa studi telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kontrol buruk terhadap diabetes, resistensi insulin, berat badan, dan meningkatkan asupan makanan yang tentu saja akan berdampak pada berat badan Anda.

Menstruasi
Ini umumnya terjadi pada wanita. Kadar gula darah akan berubah-ubah sesuai dengan siklus menstruasi mereka. Biasanya akan terjadi kenaikan yang cukup signifikan sebelum bahkan sesudah menstruasi.

Dehidrasi
Alasan Anda harus tetap terhidrasi setiap hari terutama di siang hari adalah selain untuk menjaga keseimbangan tubuh, ini juga akan baik untuk kadar gula darah Anda. Pasalnya, dehidrasi dapat menyebabkan kadar gula darah Anda meningkat.

Alkohol dan merokok
Merokok dapat meningkatkan resistensi insulin dan menyebabkan masalah kesehatan lain yang dapat memperumit masalah diabetes Anda. Begitu pun dengan alkohol.

Ketika Anda minum alkohol, jantung Anda akan berfokus pada alkohol sehingga tidak bisa melepaskan banyak gula ke dalam aliran darah Anda. Akibatnya, kadar gula darah Anda turun, terutama jika perut Anda kosong. (Ningtriasih/Healthmeup)
Diberdayakan oleh Blogger.