Header Ads

Buah Segar Ini Sangat Baik Dikonsumsi Oleh Para Ibu Hamil

loading...

Manfaat Buah Untuk Ibu Hamil

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang berbagai buah untuk ibu hamil muda yang sebaiknya dikonsumsi. Bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan muda atau trimester pertama sangat baik untuk membaca artikel ini sebagai pengetahuan dalam merawat dan memberikan yang terbaik untuk kehamilan Anda. Pada masa kehamilan tidak diperkenankan untuk sembarangan dalam memilih buah. Apel, Anggur, dan Stroberi termasuk buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi pada masa hamil muda.

Tapi tahukah Anda bahwa buah Delima, Nanas, maupun Durian termasuk makanan penyebab keguguran sehingga harus dihindari? 

Kehamilan harus dijaga sebaik mungkin sehingga sang Ibu dapat bersalin dengan lancar dan bayinya terlahir dengan sehat tanpa kurang suatu apapun. Selain harus mengurangi aktivitas keseharian dengan tidak bekerja terlalu keras dan mengangkat beban terlalu berat salah satunya, konsumsi makanan juga harus diperhatikan. Ada berbagai makanan yang akan sangat bagus bila dikonsumsi oleh orang normal atau tidak sedang hamil, tetapi akan memberikan efek terbalik bagi yang sedang hamil.

Contoh yang bagus adalah buah Delima, bila dikonsumsi dalam situasi normal, akan dapat membantu diet menurunkan buah badan serta mengurangi resiko diabetes atau kencing manis. Bahkan konon dapat membantu menyembuhkan kanker. Tapi berhati-hatilah mengonsumsi buah Delima jika Anda sedang hamil muda. Buah ini dapat menyebabkan keguguran bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit berlebih saja. Sebaiknya hindari saja buah ini untuk amannya.

Namun bisa sudah masuk trimester 2 Anda dapat mengonsumsi sedikit buah ini.

Beberapa Macam Buah untuk Ibu Hamil Muda
Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya selalu usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan yang masih segar atau bukan awetan.  Konsumsi buah-buahan secukupnya secara bervariasi sangat dianjurkan. Ibu hamil membutuhkan banyak macam gizi yang tidak semuanya dapat dipenuhi hanya dengan buah-buahan. Sayuran, olahan susu dan hasil laut termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama selain buah-buahan. Termasuk juga kacang-kacangan yang mengandung asam folat.

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh lagi mengenai beberapa macam buah untuk ibu hamil muda yang memang sangat direkomendasikan untuk bisa menjaga kesehatan tubuh sang ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Dan berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Buah Naga
Dalam beberapa tahun terakhir buah ini mulai populer di kalangan masyarakat. Di balik keunikan nama dan bentuknya, ternyata buah naga menyimpan beribu khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah khasiat untuk ibu hamil. Buah naga yang buahnya sudah matang ternyata bisa membantu mengeluarkan dahak yang biasanya sering dialami oleh para ibu hamil. Selain itu jenis buah naga ini juga merupakan salah satu buah yang sangat jarang menggunakan pestisida sehingga lebih aman dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Buah Apel
Buah untuk ibu hamil trimester pertama berikutnya adalah Apel. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apel adalah salah satu buah terpopuler di masyarakat. Bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi buah apel ternyata juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Rasanya manis, sedikit asam dan biasanya dikonsumsi dengan kulitnya. Kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C yang terkandung dalam buah apel bersama dengan kandungan-kandungan lainnya dinilai sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Buah Anggur
Selanjutnya ada buah anggur yang juga menjadi salah satu buah untuk ibu hamil muda yang cukup direkomendasikan. Buahnya yang kecil, dengan biji yang kecil dan rasanya yang manis ini dinilai kaya akan antioksidan yang mampu mencegah timbulnya kanker pada tubuh manusia. Selain itu kandungan lain yang ada di dalam buah anggur seperti polifenol dan juga resveratol ternyata juga bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh dan bisa menjadi sumber energi bagi seorang ibu hamil.

Buah Cherry
Buah cherry adalah buah yang ukurannya juga seukuran buah anggur. Namun teksturnya lebih lembut dan rasanya manis. Fakta menunjukkan bahwa buah cherry ternyata mengandung nutrisi 20x lipat lebih banyak dibandingkan dengan buah apel atau jeruk. Maka dari itu tak heran jika jenis buah untuk ibu hamil ini cukup direkomendasikan untuk dikonsumsi para ibu yang tengah hamilmuda. Kandungan zat besi, alium, tembaga, mangan, dan beberapa kandungan lainnya yang ada dalam buah cherry ternyata mampu melancarkan pencernaan sang ibu dan membuat kulit bayi menjadi lebih sehat dan putih.

Jambu Air
Buah untuk ibu hamil muda yang selanjutnya adalah jambu air. Salah satu jenis jambu yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Kandungan yang ada pada jambu air ini dipercaya mampu memberikan manfaat bagi ibu hamil muda untuk melancarkan pencernaan sang ibu dan membantu mengoptimalkan kinerja sel darah putih. Selain itu kandungan vitamin A, C dan juga air yang terkandung dalam jambu air mampu mengatasi dehidrasi bagi orang yang mengonsumsinya.

Buah Stroberi 
Siapa yang tidak mengenal buah unik berwarna merah dengan rasa manis dan asam ini? Anda juga pasti sangat mengenal buah ini karena rasanya yang sangat menyegarkan. Buah stroberi yang mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, vitamin K, B6, B5 ini juga memberikan efek yang baik bagi ibu hamil. Bagi Anda yang menginginkan kulitnya selalu tampak segar, konsumsilah buah stroberi karena kandungan vitamin C nya dinilai mampu menyegarkan kulit. Buah untuk ibu hamil muda yang satu ini bermanfaat untuk merangsang napsu makan sang ibu dan juga mencegah bayi lahir preamatur atau lahir cacat. Oleh karena itu stroberi menjadi salah satu buah untuk ibu hamil trimester pertama yang mengandung banyak manfaat.

Buah Alpukat 
Bagi ibu hamil, buah alpukat sangat berguna untuk mengurangi rasa mual yang biasanya dirasakan ibu hamil pada trimester pertama. Rasanya yang lezat dan kandungan vitaminnya yang banyak ini ternyata juga bermanfaat bagi perkembangan otak dan tulang belakang janin. Selain itu, Alpukat termasuk makanan yang mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan kecerdasan janin di dalam rahim.

Itulah beberapa jenis buah untuk ibu hamil muda yang banyak manfaatnya. Terutama saat kandungan masih dalam usia trimester pertama. Buah-buahan tersebut akan turut membantu sang ibu untuk menjaga kesehatan dirinya dan juga menjaga kesehatan janin sampai saatnya lahir tiba.

Makanan untuk Ibu Hamil Muda Selain Buah-Buahan
Selain beberapa jenis buah untuk ibu hamil yang tadi sudah disebutkan, beberapa makanan seperti sereal, berbagai olahan susu, ikan, aneka jenis kacang-kacangan, vitamin dan juga air putih sangat bermanfaat bagi para ibu hamil. Bagi para ibu hamil disarankan untuk memulai hari dengan mengonsumsi jus buah, nasi goreng, telur mata sapi atau susu khusus untuk ibu hamil. Di siang hari ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi nasi, sayur bening, ikan bumbu kuning, tempe goreng, dilengkapi dengan buah jeruk. Sedangkan untuk malam hari, ibu hamil bisa mengonsumsi nasi, bakwan jagung, buah dan juga susu khusus untuk ibu hamil menjelang tidur.

Itu tadi adalah beberapa macam buah untuk ibu hamil muda dan juga beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil saat pagi, siang dan malam hari. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.