Header Ads

Cara Mudah Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh Agar Terhindar Dari Segala Penyakit

loading...

Seiring dengan terus menyebarnya virus corona atau Covid-19 ke lebih dari 200 negara, kita tahu bahwa sistem imunitas tubuh menjadi kunci agar terhindar dari penyakit ini

Semakin imunitas tubuh rendah, maka semakin mudah pula terserang virus Corona Covid-19.

Tapi apa sebenarnya sistem kekebalan atau imunitas tubuh itu, dan bagaimana sistem itu membantu mengusir penyusup seperti virus Corona Covid-19?

Hal yang mesti diingat sistem kekebalan tubuh merupakan suatu kekuatan yang harus diperhitungkan. Seperti dilansir dari We Forum, sederhananya, imunitas tubuh merupakan pasukan pribadi tubuh yang khusus bekerja dari seluler ke tingkat makro.

Setiap sel, molekul, jaringan, dan organ dalam pasukan ini memainkan peran penting dalam menangkal patogen yang menyerang dan membantu pula menjaga terhadap ancaman internal seperti kanker. Sementara itu, sistem imunitas tubuh memiliki dua jenis respons: bawaan dan adaptif.

Hambatan alami tubuh terhadap pengganggu penyebab penyakit, misalnya, kulit kita, lendir dan rambut di hidung kita, dan asam di perut kita - adalah bagian dari sistem imunitas tubuh bawaan kita.

Kekebalan adaptif berkembang selama kontak seumur hidup dengan patogen dan vaksin, persiapan yang membantu sistem imunitas tubuh kita untuk membedakan teman dari musuh.

Vaksinasi dengan aman mengajarkan sistem imun adaptif kita untuk mengusir berbagai macam penyakit, dan dengan demikian melindungi diri kita sendiri dan orang lain.

Saat ini belum ada vaksin untuk coronavirus Covid-19. Butuh waktu paling tidak hingga 18 bulan ke depan untuk mendapatkannya.

Jadi, untuk saat ini, sistem kekebalan atau imunitas tubuh kita harus beradaptasi tanpa bantuan ancaman yang berpotensi mematikan ini. Lantas, bagaimana membantu sistem imunitas tubuh Anda?

Imunitas tubuh bisa kuat bila sang pemilik tubuh menerapkan gaya hidup sehat, tidak merokok, minum sedikit atau tanpa alkohol, tidur nyenyak, makan makanan sehat dengan gizi seimbang, rutin olahraga  dan mampu mengelola stres.

Semua hal tersebutlah yang dapat membantu sistem imunitas tubuh berada dalam kondisi terbaik untuk sebagai garis pertahanan pertama untuk mencegah infeksi sekaligus siap bertempur melawan patogen bila menyelusup ke dalam tubuh.

Selain mengandalkan sistem imunitas tubuh yang didukung oleh gaya hidup sehat, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan tindakan perlindungan dasar terhadap Corona COVID-19, di antaranya sering mencuci tangan dengan sabun dan air, atau membersihkan tangan dengan alkohol.

Selain itu menjaga jarak sosial; menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut Anda; dan menutupi hidung dan mulut Anda dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin juga membantu untuk mencegah.

Tindakan sederhana ini sangat penting untuk memperlambat penyebaran penyakit baru seperti coronavirus - yang membuat hampir semua orang rentan, terutama orang yang lebih tua dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Penulis: Bimo Aria Fundrika
Diberdayakan oleh Blogger.