Header Ads

Sejarah Kedokteran Islam Dari Masa Ke Masa

loading...

Pada masa Rasulullah SAW telah berdiri perkumpulan perawat wanita bertugas menolong orang-orang yang terluka dan sakit dalam peperangan

Mereka megobati  dan membebat, kemudian membawa korban perang itu ke kemah-kemah yang aman. inilah model “palang merah” yang ditiru oleh Henry Dunant yang penganut nashrani itu. Tentang perkumpulan ini, Ibnu Abbas ra berkata:

Pada masa pemerintahan Bani Umayah, Abasiyah Bani Salzuk, perkumpulan penolong ini dikembangkan dan akitifitas mereka dibiayai oleh pemerintah. Ketika berkecamuk perang salib antara umat Islam dengan pihak nashrani,tampak sekelompok muslimat yang berjilbab putih berlambangkan “Bulan Sabit “.

Mereka dengan ikhlas mengobati orang-orang yang terluka dari pihak manapun. Bahkan raja Richard (penguasa lnggris) pun ketika terluka dan berbaring di kemahnya, ia ditolong oleh seorang tabib dari kelompok sukarelawan atas perintah sultan Salahudin Al Ayubi. Dalam keadaan damai, mereka menjadi penolong orang yang miskin, berdakwah, mengadakan tablig, membagikan sedekah, membantu mencarikan dana Baitulmal bagi daulah islam, mengurusi masalah kesehatan masyarakat, dan menggalakan kesehatan untuk masyarakat.

Lambang Bulan Sabit
Pada zaman Rasullulah Saw, setiap pasukan memiliki lambangnya sendiri. Nabi Saw mempunyai pasukan khusus dengan lambang bulan sabit. Menurut sejarawan, khalifah umar ibnu al khatab juga menggunakan lambang tersebut untuk penyebaran islam. Di duga, lambang tersebut merupakan “ siasat “ bagi penyebaran islam.

Lambang bulan sabit di gunakan pula sebagai bendera Bani Salzuk. Ia kemudian di gunakan oleh ke khilafan turki utsmani dengan bentuk bulan sabit putih dengan warna dasarnya merah. Kemudian harinya, lambang tersebut di pergunakan oleh semua negeri – negeri islam.

Pada abad ke 6 hijriah, lambang ini banyak di pakai untuk menghias ujung tombak menara masjid, mulai dari persia sampai ke hampir ke seluruh dunia islam.

Apa arti lambang bulan sabit? ternyata ia mengandung pengertian yang dalam. Badan bulan berbentuk ( ะก ) artinya kuatkanlah asas (aqidah) dan siarkanlah islam ke arah kanan dan kiri.

Maksudnya, siarkan ke seluruh dunia sehingga menyeluruh sebenarnya. Sampai sekarang pun negeri – negeri Islam, lambang perserikatan amal ke bajikan dan kesehatan dari pihak islam adalah “ Bulan Sabit Merah”. Lambang tersebut juga menjadi ciri khas bagi rumah sakit, balai pengobatan dan sarana kesehatan lainnya. Sedangkan lambang “ palang merah “ yang berasal dari keagamaan nasrani yang berupa “ salib suci merah”, maka di negeri – negeri islam lambang tersebut tidak boleh di pakai.

(dikutip dari buku Sejarah Kedokteran Islam dari Masa ke Masa,i hlm 157-159, Prakarsa Insan Mandiri-Bandung)
Diberdayakan oleh Blogger.