Header Ads

Manfaat Ubi Kayu Bagi Kesehatan Manusia, Yang Perlu Untuk Diketahui

loading...

Singkong atau yang biasa disebut dengan ubi kayu atau pun ketela pohon ternyata memiliki banyak khasiat atau manfaat bagi kesehatan

Dalam bahasa latin singkong dikenal dengan nama Manihot utilissima dan termasuk dalam famili Euphorbiaceae. Tanaman ini kaya akan karbohidrat dan memiliki khasiat anti oksidan,anti kanker, anti tumor dan dapat menambah nafsu makan,selain itu singkong juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti, rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, dan bisa meningkatkan stamina tubuh.

KANDUNGAN DALAM SINGKONG
  • Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum.
  • Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.
BEBERAPA CARA MELAKUKAN PENGOBATAN DENGAN SINGKONG

Mengobati sakit kepala
Anda dapat memanfaatkan daun singkong untuk mengobati sakit kepala. Caranya  Ambillah beberapa lembar daun. Lalu tumbuklah sampai halus. Setelah itu kompreskan pada kepala yang sakit.

Mengobati Demam untuk mengobati demam rebuslah sekitar 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan air 800 cc, tunggu sampai rebusan menyusut kira kira 400 cc kemudian angkat rebusan dan saring airnya lalu di minum. minum lah air nya 2 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

Mengobati luka
Untuk mengobati luka yang telah infeksi ,ambil lah  batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian luka. Untuk luka akibat benda panas, parut lah singkong lalu peras dan  ditempelkan pada bagian yang luka, lakukan hingga luka mengering.

Mengobati Rematik
untuk mengobati remati bisa dilakukan dari luar dan dari dalam,untuk pengobatan dari luar ambil daun singkong sebanyak lima lembar, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, kemudian dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah itu diaduk,kemudian  dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Untuk melakukan pengobatan dari dalam,sediakan 100 gram batang singkong, serai, garam ,dan jahe 15 gram, kemudian rebus semua bahan tersebut dengan air sebanyak 1000 cc, biarkan rebusan tersebut sampai menjadi 400 cc kemudian angkat rebusan dan saring, lalu minum air rebusan sebanyak 200 cc sekali dalam sehari, lakukan selama dua hari.

Mengobati Diare
Untuk mengobati diare caranya yaitu rebuslah 7 (tujuh) lembar daun singkong dengan air kira kira sebanyak 900 cc, lalu biarkan sampai tersisa kurang lebih  450 cc. Kemudian angkat rebusan tersebut dan saring lalu minumlah 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.

Mengobati Cacingan dan beri-beri
Untuk mengobati cacingan pada anak-anak, caranya ambil 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina kemudian rebus dengan 600 cc air biarkan hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur. untuk Mengatasi beri-beri, ambil 200 gram daun singkong dimakan sebagai lalap.

Selain untuk pengobatan singkong juga mempunyai manfaat lain diantaranya sebagai berikut:

Meningkatkan Stamina
Untuk meningkatkan stamina,cara nya ambil 100 gram singkong, 25 gram kencur, dan lima butir angco (kurma merah), yang telah dibuang bijinya, lalu diblender dengan menambahkan air secukupnya. kemudian tambahkan madu dan diminum lakukan secara rutin.

Mencerdaskan otak
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa di dalam daun singkong ada berbagai kandungan asam amino yang diperlukan tubuh baik untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Dalam kaitan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yang terkandung dalam daun singkong yaituasam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan.
Diberdayakan oleh Blogger.