Header Ads

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Mengatasi Beragam Penyakit

loading...

Manfaat daun sirih merah dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang lebih beragam. Karena beragamnya khasiat daun sirih merah menjadikan sirih merah naik daun dan banyak digemari. Jika kita lebih mengenal daun sirih hijau secara turun temurun yang dapat mengobati berbagai macam penyakit, maka kini tidak ada salahnya Anda mencoba daun sirih merah yang juga sangat berkhasiat.

Daun sirih merah atau yang memiliki nama latin Piper betle L. Var rubrum memang belum diketahui secara pasti asalnya dari mana. Namun demikian khasiat dan manfaat daun sirih sudah teruji secara klinis sehingga kini banyak dikembangkan berbagai macam penelitian lebih lanjut.

Seperti yang dikutip dari laman kompas, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirih merah yang bisa Anda dapatkan dan cara pengolahannya untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Untuk mengatasi diabetes

Ramuan tunggal: Ambil tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Kemudian cuci bersih, iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) hingga mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.

Ramuan dengan tanaman obat lain: Ambil tiga lembar sirih merah ukuran sedang, 40 gram kulit kayu gayam yang sudah dibersihkan bagian luarnya, dan 30 gram kulit kayu jamblang kering. Bahan-bahan tersebut diseduh dengan 2 gelas (400 ml) air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, minum sehari dua kali tiap pagi dan sore hari sebelum makan. Sekali minum setengah gelas.

Untuk menambah nafsu makan

Petik dan ambil daun sirih merah yang tidak terlalu tua sebanyak 10 lembar. Kemudian cuci hingga bersih menggunakan air yang mengalir. Setelah itu rebus daun sirih merah ditambah gula putih 100 gram dengan air 4 gelas (800 ml) hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Minum tiga kali sehari setelah dingin, tuangkan ke dalam botol yang bersih dan steril. Ramuan ini Anda minum tiga kali sehari, sekali minum satu sendok makan.

Untuk mengatasi organ kewanitaan

Ambil daun sirih merah tua sebanyak 8 lembar kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu iris-iris selebar 1 cm. Rebus dengan air 800 ml hingg mendidih. Gunakan untuk membersihkan daerah kewanitaa setelah dingin, gunakan dua kali dalam sehari. 

Memang tanaman herbal tidak sebatas manfaat daun sirsak saja, masih banyak lagi bahan-bahan alami dari alam yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan.

Semoga bermanfaat!

Diberdayakan oleh Blogger.